Saturday, January 19, 2008

Jangan Asal Copy Paste

Hari ini gue barusan masang banner berjudul “Blog juga karya cipta”. Awalnya lihat dari blognya temen gue, Ryan. Terus gue searching di google dengan keyword yang sama “blog juga karya cipta”, eh ternyata dah banyak blogger-blogger senior yang mengulas dan membahasnya

Gue salut banget dengan opini2 blogger senior itu. Memang tidak selayaknya kita membajak karya orang sembarangan. Mungkin seseorang dalam membuat postingan/karya membutuhkan waktu, tenaga bahkan uang untuk menguploadnya. Belum lagi kalau ternyata blogger tersebut susah sekali dalam menulis. Menulis sekali, eh dah dibajak, bisa-bisa dia mutung dan nggak mau ngeblog lagi.

Tapi sedih juga ngelihat beberapa blogger seperti anotherfool, Wynwira menuliskan bahwa banyak juga blogger yang sudah memasang banner ini, tetapi tetap saja melakukan kopi paste seenaknya.

Ini memang sebuah ajakan yang sangat mulia yang perlu kita dukung. Kalau memang kita merasa kebal hukum - karena bila kita melakukan pembajakan karya tokh tidak ada yang menangkap atau bahkan mungkin menghukum kita - coba kita pikirkan secara kemanusiaan. Andai saja karya anda yang dibajak, bagaimanakah perasaan anda?

Gue memang blogger baru. Tapi gue ingin tunjukkin kalau gue peduli terhadap sebuah karya dan Insha Allah nggak akan menkopi pastenya. Kecuali kalau memang harus demi untuk menyebarluaska informasi penting(seperti postingan saya yang berjudul “Membuat Read More di Blogspot”), saya akan ngasih quote kalau saya memang mengambil dari situs/blog orang. Tolong jangan memanfaatkan karya orang lain hanya untuk mengambil beberapa pundit-pundi dollar dari Google Adsense atau iklan2 lainnya. Tokh kalau anda melakukannya, itu sama artinya dengan mencuri. Gak halal kan dollarnya?

Oh iya, kemarin baca-baca juga, buat para blogger, sekarang ada situs yang bisa mendeteksi blog yang melakukan proses kopi paste terhadap blog lain, yaitu www.copyscape.com.

Akhir kata, Pasang banner ini dan hentikan segala macam bentuk kopi paste. Buktikan and peduli dengan dunia blogger Indonesia



1 Comment:

Anonymous said...

mutung itu apa ya mas??
hehe..gak penting yach..
sukses terus nge-blognya yach

 

Copyright(r) by wongkentir