Wednesday, March 26, 2008

Mengganti Default Directory Tomcat

Gak ada angin, gak ada ujan, akhirnya aku nulis sesuatu tentang script dan code yang sebenarnya basic kuliahku. Fiuh, sebenarnya agak sungkan nulis tentang ini, soalnya merasa gak kompeten buat nulis tentang ginian. Tetapi setelah cari2 di internet tentang masalah ini dan ternyata susahnya bukan main nemuinnya. Bahkan bisa dibilang gagal nemuinnya karena solusi didapat dari hasil chatting sama seorang teman sekaligus masterku bernama Jepe.

Karena itu aku memutuskan untuk menulisnya diblog, untuk sharing dengan teman-teman semua sekaligus buat aku sendiri kalau lupa. Maklum dah tua nih, he he he.

Ini membahas tentang mengganti default directory di tomcat. Selama ini kan default directory adalah ROOT pada folder Tomcat_Home/webapps. Jadi kalau kita mengetikkan http://localhost/ maka yang dipanggil adalah file index.jsp / index.html / index.htm didalam folder ROOT tersebut.

Nah ada permasalahan muncul disini. Aku melakukan code di netbeans dan mendeploy aplikasi tersebut sehingga terbentuk folder MyApp pada webapps. Untuk bisa mengakses aplikasiku, aku harus mengetik http://localhost/MyApp/ pada address bar browser. Itu terlalu panjang. Aku ingin dengan hanya mengetikkan http://localhost/ maka, browser akan memanggil file index.jsp pada folder MyApp.

Sudah kupenuhi saran dari si Mbah untuk berkunjung dari situs satu ke situs lainnya. Anjang sana anjang sini, eh sampai page ke sepuluh si embah, gak ketemu juga. Frustasi dong jadinya. Untungnya aku inget kalau punya banyak master. Teman-teman kampusku. Dan berkat ngebuzz itu, akhirnya aku dapat solusinya. Dan ternyata simple, he he

1. Buka file index.jsp di folder Root.

2. Hapus semuanya. Lalu ganti scriptnya dengan script dibawah ini

<!doctype html public "-//W3C//DTD HTML 4.0 Transitional//EN">

<html>

<head>

<META HTTP-EQUIV="refresh" content="0; URL=MyApp/index.jsp">

</head>

<body bgcolor="#FFFFFF">

</body>

</html>

3. Restart service

Oke. Selesai. Sekarang tes. Dan semuanya sudah beres. Kita cukup mengetikkan http://localhost nanti file index.jsp yang baru ini yang akan mendirectkan ke folder MyApp/index.jsp

Thanks buat Jepe atas bantuannya

0 Comments:

 

Copyright(r) by wongkentir