Wednesday, October 15, 2008

Barusan Nonton Laskar Pelangi

Jika ada yang bertanya, “What Do You Think about Laskar Pelangi Movie?” I will scream, “What an amazing movie in Indonesia!!!”

Film yang sangat indah di segala hal. Cerita, Setting, Kru (Aktor, Aktris, Sutradara) hingga alunan Original Soundtracknya. Benar-benar puas nontonnya, meski aku harus terlambat 2 minggu dari tanggal premier. But its ok, better late than never khan?

Tentang Cerita, aku tampaknya memilih untuk tidak berkoar-koar terlalu banyak di tulisan ini. Alasannya simple, pasti pembaca semua sudah banyak yang tahu, he he he. Kalaulah belum menonton, pastinya sudah membaca bukunya, tul gak. Tapi satu hal yang kusorot dalam film ini adalah kemampuan Riri Riza sang sutradara untuk merubah alur cerita di novel menjadi lebih masuk akal dan seru. Contohnya adalah saat acara cerdas cermat. Jika di novel diceritakan regu SD Muhammadiyah dengan Lintang sebagai jagoannya membabat habis semua pertanyaan di lomba tanpa menyisakan satu pun untuk regu lain. Sedangkan di film, Riri Riza membuat kompetisi itu menjadi lebih seru dengan kejar mengejar angka yang sangat tipis. Itupun ditambah dengan adegan salah hitung dari Juri. Hasilnya kemenangan di lomba cerdas cermat itu menjadi begitu indah karena didapatkan dari perjuangan yang tidak mudah.

Setting film ini sangat indah. Mengambil tempat di Belitong (sesuai dengan latar cerita novel Laskar Pelangi), Riri Riza mampu mengeksplor keindahan yang terdapat di pulau ini. Padang rumput, pantai hingga suasana kota yang masih sangat sederhana. Setelah melihat film ini, aku seperti disadarkan bahwa masih banyak tempat indah di Indonesia. Bukan hanya Bali saja. Masih ada Belitong. Atau mungkin Lombok, Bunaken, Balikpapan, Kupang dan tempat-tempat eksotis lainnya.

Bagaimana dengan kru? Mungkin anda kenal dengan nama-nama seperti Tora Sudiro, Cut Mini, Slamet Rahardjo, Lukman Sardi, tapi bagaimana dengan Zulfany, Verrys Yamarno, Ferdian, Yogi Nugraha dll. Merekalah actor-aktor cilik asli Belitong yang menjadi pemeran utama film ini dan tentu saja Laskar Pelangi ini adalah film pertama mereka. Tapi bagaimana dengan akting mereka? Dijamin nggak kalah dengan nama-nama besar yang disebut sebelumnya. Tapi yang paling mengena dan paling gak bisa kulupakan adalah acting si Verrys Yamarno alias Mahar. Penggambaran seorang yang cerdik tapi bandelnya gak terkira digambarkan dengan jelas olehnya. Gaya bicaranya yang sok dewasa dengan diakhiri kata ‘Boy’, menjadi trend beberapa waktu terakhir ini. Salah satu quote yang terkenal dari tokoh Mahar yang kuingat adalah, “Serahkan pada Mahar dan Alam.”

Terakhir tentang OST alias Original Soundtrack. Beberapa artis ternama ikut rame-rame menyumbang lagu untuk OST Laskar Pelangi. Dan hasilnya? Dahsyat!! Yang terkenal sudah pasti lagu Laskar Pelangi alunan Giring dkk. Easy Listening dan merdu. Nggak heran kalau lagu ini merajai tangga lagu di beberapa radio plus di chart MTV Ampuh. Tapi jangan lupakan lagu-lagu lainnya yang tak kalah indahnya. Ada suara falset khas Gita Gutawa di lagu Tak Perlu Keliling Dunia, Ipang di lagu Sahabat Kecil dan Sherina di lagu Ku Bahagia. Yang mengejutkan adalah adanya suara Verrys Yamarno, si pemeran Mahar yang menyanyikan lagu bernuansa melayu bertajuk Bunga Seroja. Total ada 10 lagu di OST Laskar Pelangi.

Hmmm, kapan ya ada film berkualitas seperti Laskar Pelangi lagi. Ayo Mbak Mira Lesmana, Mas Riri Riza pertahankan idealismemu dan buat karya-karya berkualitas selanjutnya.

Data Film

Sutradara : Riri Riza

Penulis : Andrea Hirata

Cast

  1. Cut Mini as Bu Muslimah
  2. Ikranagara as Pak Harfan
  3. Tora Sudiro as Pak Mahmud
  4. Slamet Rahardjo as Pak Zulkarnaen
  5. Rieke Dyah Pitaloka as Ibu Ikal
  6. Mathias Muchus as Ayah Ikal
  7. Lukman Sardi as Ikal Dewasa
  8. Ario Bayu as Lintang Dewasa
  9. Zulfany as Ikal
  10. Verrys Yamarno as Mahar
  11. Ferdian as Lintang
  12. Yogi Nugarah as Kucai
  13. Muhamad Syukur Ramadan as Syahdan
  14. Suharyadi as Trapani
  15. Suhendri as A Kiong
  16. Febriansyah as Bore’
  17. Dewi Ratih Ayu as Sahara
  18. Marchella El Jolla as Flo
  19. Jeffry as Harun. Jeffry ini adalah siswa SLB Tanjung Pandan.

0 Comments:

 

Copyright(r) by wongkentir