Monday, December 17, 2007

Nodame Cantabile

Kali ini gue mau nulis tentang dorama (drama serial jepang) berjudul Nodame Cantabile yang baru aja gue tamatin nontonnya minggu, 16 desember 2007 kemarin.

Kalau diliat dari jadwal penayangan di Jepang dan baca2 blog temen2 indo, gue ketinggalan banget. Sudah setaun keluar, baru gue nonton. Tapi bukan salah gue juga sih, soalnya emang sebelumnya gue bukan pecinta dorama. Nodame ini adalah dorama pertama yang gue tonton dan gue ikutin ceritanya ampe tamat, dan hasilnya dahsyat banget. Dua jempol dari gue buat Ninomiya Tomoko, sang penulisnya, dan thaks banget buat Bramantyo AP a.k.a Bram yang telah nitip ke gue file film ini meski awalnya sempet bikin gue susah karena keabisan space. Thanks Bro...

Ceritanya dan action-actionnya komik banget (ya iyalah, lha wong emang ini adaptasi dari komik dengan judul serupa). Ada adegan dipukul hingga melayang, mendarat dengan kepala kejedot batu, dilempar kertas hingga kepala bertumbukan dengan tuts piano, dari kepala muncul benjolan dll, tapi tokohnya tidak mengalami cedera apapun. Yach namanya aja komik, he he he.

Dorama ini ceritanya berkisar tentang musik klasik, jadi bagi penggemar musik klasik harusnya nonton dorama ini. dan bagi orang yang gak suka-suka banget sama musik klasik kayak gue, wah siap-siap aja mendadak klasik alias mendadak suka sama musik-musik klasik. Gue aja akhirnya sampe bela-belain download lagu-lagu macam Beethoven Symphony No.7, Brahms's Paganini, Schuman's Sonata in G minor, Allegro giusto Stravinsky's Petrushka dll yang kesemuanya dimainkan di dalam film tersebut baik melalui orkestra maupun piano solo.

Ceritanya berawal dari seorang cewek bernama noda megumi yang dia singkat nodame. Dia adalah pelajar kelas piano di Akademi Musik Momogaoka. Cewek gila ini Suka nyuri makan siang temennya, nyimpen barang2 gak berguna di kamar sampai-sampai tumbuh jamur di kaus kakinya, jarang mandi. Diluar semua itu, dia sangat bertalenta dalam hal permainan piano. Tetapi ada keunikannya, dia lebih suka belajar piano dari mendengar seseorang yang memainkannya daripada melihat score (baca: buku yang isinya kunci-kuci musik, apalah gue gak ngerti). Akibatnya permainannya jadi seenaknya sendiri, terlalu lemah, tempo naik turun, sering slip nada dll. Cita-cita Nodame adalah guru TK.

Lain halnya dengan Shinichi Chiaki (Nodame memanggilnya Chiaki Senpai). Bagi banyak orang, terutama wanita, dia adalah seorang cowok yang sempurna. Tampan, penuh talenta, cool dan kaya. Dia juga pelajar Akademi Musik Momogaoka kelas piano. tetapi dia bisa memainkan biola sama baiknya dengan piano. Tetapi dengan talenta bermusiknya yang tinggi, dia menginginkan sesuatu lebih. Dia ingin menjadi konduktor orkestra seperti idola masa kecilnya Viera. Di luar semua itu ada satu kelemahan dari Chiaki, yakni naik pesawat. Karena dia pernah mengalami trauma naik pesawat saat masih kecil, dan itu terus menghantuinya.

Chiaki dan Nodame bertemu secara tidak sengaja. Dan secara kebetulan juga mereka adalah tentangga sebelah di apartemen. Nodame langsung jatuh cinta saat itu juga pada Chiaki, tetapi tidak untuk Chiaki. Sejak saat itu, Nodame jadi sering "bertamu" kerumah Chiaki. Meski Chiaki sering mengusirnya karena merasa Nodame menganggu hari-harinya, tetapi Nodame tetap tidak peduli. Hubungan itu membuat mereka menjadi tumbuh bersama.

Karena Nodame, Chiaki berhasil menjadi konduktor, memimpin orkestra dan mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari para musisi dan guru-gurunya.
Karena Chiaki, Nodame menjadi punya cita-cita yang lebih tinggi dari sebelumnya (yang hanya ingin jadi guru TK), melawan trauma masa kecilnya akan seorang guru, dan berhasil masuk final sebuah kompetisi piano yang membuatnya memperoleh bea siswa ke Paris.
Kurang lebih seperti itu yang dapat gue ceritakan tentang Nodame Cantabile. Kalau gue ikut ceritakan tokoh-tokoh pendampingnya macam Mine Ryutaro, Okuyama Masumi, Saku sakura, ataupun Miki Kiyora bisa-bisa keriting tangan gue, dan lu yang belum nonton jadi gak seru nontonnya.
Jadi sekian dulu tulisan kali ini.... sekarang gue lanjutin berburu Original Soundtrack dari Nodame Cantabile ini n nunggu Nodame Cantabile Spesial in Paris yang katanya mau ditayangin di Jepang sono mulai Januari 2008. Semoga gue bisa dapet filmnya.

Tokoh-tokoh utamanya antara lain:

Ueno Juri as Noda Megumi aka Nodame (Piano)

Tamaki Hiroshi as Chiaki Shinichi (Piano/Violin/Conducting)

Eita as Mine Ryutaro (Violin)

Koide Keisuke as Okuyama Masumi (Timpani)

Mizukawa Asami as Miki Kiyora (Violin)

Saeko as Saku Sakura (Contrabass)

Uehara Misa as Tagaya Saiko (Vocal)

Takenaka Naoto as Franz Stresemann (Milch Holstein by Nodame)

0 Comments:

 

Copyright(r) by wongkentir