Saturday, December 23, 2006

Shift Malam di UP Muara Karang

Hari ini gw lagi shift malam...Capek, ngantuk, tapi asyik juga. KArena semua operatornya lagi pada tidur, gw pun pinjem komputer mereka. Ternyata asyik juga kerja jadi operator. Bapak-bapak yang setim denganku (Regu Prod C PLTU Unit 45) orangnya enak2. Leadernya friendly, terus rekan2 lainnya asyik. Beberapa menit yang lalu sebelum gw nulis email ini, gw dan bapak2 lagi maen kartu sambil membunuh waktu. Ya sesekali diselingi dengan recording data2 peralatan seperti hasil produksi, indikator2 pompa dan lain2 yang harus diinput ke sistem.

Malam ini memang lebih nyantai dibanding malam kemarin. Malam kemarin gw menyaksikan sendiri bagaimana kesibukan tim operator yang tengah start up desal unit (Unit pengolahan air laut menjadi air tawar). Bisa dibayangin, Malam2, harus start unit. Meskipun bapak2 disini sudah terbiasa dengan shift malam, tapi ya yang namanya kerja di malam hari, rasanya pasti berat banget. Disitu gw ngelihat sebuah kerja tim operator. Ada yang bertugas memantau di Control room desal, ada yang berlari-lari ke lokal untuk membuka uap, ada yang naik ke lantai 3 desal unit buat memantau tekanan udara di dalam ruang bakar desal, ada yang memantau indikator sea water pump (pompa penyedot air laut), ada yang bertugas mengatur flow sekaligus memeriksa kondisi air laut yang masuk ke desal unit (soalnya disini lautnya banyak sekali sampahnya). Semuanya saling mengisi... jika ada temannya yang tampak kelelahan yang lain membantu. kalau gw? Nah waktu itu gw benar2 bingung mau ngapain... Semuanya tampak sibuk, tapi akhirnya gw nyobain bantu buat ngecek indikator tekanan gas.. Mereka semua terhubung satu sama lain dengan walkie-talkie... Ketika ngelihatnya gw ngerasa seperti nonton film2 polisi2an jadul.
"Jalak satu, Jalak satu, masuk, disini jalak dua"
"Jalak satu stand by, ganti"
"Dari sini, Umpan telah terpasang, bersiap buat pancingan, ganti"
"Oke, Jalak satu stand by di posisi"

Nah.. ternyata yang namanya start unit tuh sulit banget, sampai jam setengah 4 pagi, kerjaannya masih bisa dibilang baru 60 persen karena jumlah produksi air tawar yang dihasilkan masih jauh dari harapan, tapi karena kelelahan kami pun memutuskan istirahat.

Gak terasa, malam pun dah berganti pagi, dan .. gw bangun jam 5.45... cepet2an naik ke control room pusat n sholat subuh meski dah telat banget, terus bantuin Bapak supervisor disini bikin laporan shift di system ME. Setelah laporan kelar dah tinggal nungguin jam 7 buat gantian dengan shift selanjutnya dan selanjutnya pulang ke kos...

Nah... karena malam dah semakin larut ditambah lagi juga kondisi mata yang dah berat untuk diajak melek, gw sudahi dulu ya.....

0 Comments:

 

Copyright(r) by wongkentir